Home Berita Pasukan Garuda Indobatt Latihan Bersama Tentara Asing Dari Berbagai Negara

Pasukan Garuda Indobatt Latihan Bersama Tentara Asing Dari Berbagai Negara

(Pen Konga XXIII-L/Unifil. Kamis, 8 Februari 2018).  Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) melaksanakan latihan Ritex (Regulation in Tactical Exercise) bersama dengan tentara asing dari berbagai negara yang tergabung di Unifil, di UNP 7-3, Lebanon Selatan, Rabu (7/2/2018).

 

Dalam latihan bersama dengan tentara asing, seperti Spainbatt (Spanyol), Nepbatt (Nepal), Italbatt (Italia), FCR (Force Commander Reserve) dari Perancis dan Finlandia, Chinmed (China Medical) serta Serbia, Pasukan Garuda Indobatt Konga XXIII-L/Unifil diwakili Kompi Bravo yang dipimpin oleh Kapten Inf Aminullah sebagai Komandan Kompi.

 

Latihan Ritex atau Regulation in Tactical Exercise merupakan latihan untuk meningkatkan koordinasi, melatih kecepatan reaksi dan kerja sama antar unit sesuai regulasi yang ada di Unifil. Dengan tujuan untuk mengantisipasi munculnya insiden yang mungkin timbul selama pelaksanaan peacekeeping mission seperti penghadangan kendaraan (hijack), mengatasi serangan dari machine gun atau rocket launcher sampai teknik mengevakuasi korban yang terluka (medical/casualty evacuation).

 

Penunjukan Kompi Bravo Satgas Indobatt yang dipimpin Kapten Inf Aminullah dan didampingi oleh Lettu Cpm Arga Hogantoro, tidak lepas dari salah satu fungsinya yaitu sebagai Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (Task Force Bravo) di bawah kendali Sektor Timur Unifil untuk mengantisipasi segala bentuk ancaman.

 

Latihan bersama Pasukan Garuda Indobatt dengan tentara asing dari berbagai negara dilaksanakan di bawah cuaca ekstrim dengan suhu kurang dari 2 derajat, disertai hujan dan angin tersebut banyak menguras tenaga serta mental dari peserta latihan.

 

Apresiasi yang sangat tinggi pun dilayangkan kepada Task Force Bravo Indobatt dari pihak penyelenggara, dalam hal ini Staf G5 Sektor Timur Unifil.

 

Mayor Rojo Sanchez selaku Koordinator Latihan menyatakan puas dengan latihan yang dilaksanakan dengan kecepatan reaksi dan keseriusan yang tinggi dari Task Force Bravo Indobatt, karena mampu melaksanakan koordinasi yang baik antar satuan dalam menjalankan misi peacekeeping.

 

“Kami sangat senang berlatih dengan pasukan dari Indonesia. Mereka menunjukkan mental dan semangat yang luar biasa dan ini merupakan nilai positif tersendiri,” ujar Mayor Rojo Sanchez usai latihan. (Badar/Puspen TNI)

Previous article220.000 Posisi Bakal Diperebutkan CPNS 2018
Next articleViral Foto Perawat Seberangi Sungai Ditengah Banjir Batulanteh
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.