Polres Bima Telusuri Dugaan Penympangan Proyek PLTMH

Polres Bima Telusuri Dugaan Penympangan Proyek PLTMH

SHARE

Kabupaten Bima, Sumbawanews.com.- Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Bima Kabupaten, terus menelusuri adanya dugaan penyimpangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH), di Desa Kawinda To’I, Kecamatan Tambora.

Dalam kasus ini, Penyidik telah memanggil beberapa pihak terkait pengerjaan proyek tersebut. Diantaranya, Unit Layanan Pelaksanaan (ULP) Distamben dan Pokja.

”Sudah enam orang dipanggil untuk dimintai keterangan dalam kasus itu,”ungkapnya Kanit Tipikor Polres Bima, AIPTU Hari kepada wartawan belum lama ini.

Disinggung soal kerugian Negara, pihaknya belum bisa memastikan, karena hingga saat ini masih dalam proses penyelidikan. Terlebih lagi dalam pengaduan LSM, kata Dia, laporanya tidak dilengkapi dengan data yang valid.

“Kita akan serius menuntaskan kasus ini. Akan tetapi ada proses dan mekanisme yang harus dilewati,”katanya.

Dalam penyelidikan, saat ini penyidik setempat baru melakukan pengumpulan dokumen dan keterangan. Sementara untuk mengetahui adanya penyimpangan atau kerugian negara dalam proyek senilai miliaran itu, pihaknya akan melibatkan tim ahli untuk melakukan pengecekan fisik.

Lebih lanjut Ia menambahkan, proyek PLTMH tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2014, sebesar Rp 3 miliar. Namun seiring berjalan waktu, pengerjaan proyek diduga ada penyimpangan. (Syarif)

SHARE