Dewan Akan Panggil Newmont Soal Eksplorasi Dodo-Rinti

    SHARE

    altSUMBAWA BESAR, Sumbawanews.com.- Saat ini PT. NNT telah mengantongi izin eksplorasi di Dodo Rinti. Bahkan informasinya, diwilayah tersebut  telah dilakukan kegiatan, tanpa adanya koordinasi. DPRD Sumbawa sangat menyayangkan hal itu, sebab informasinya malah diperoleh dari KSB. Untuk itu, mereka berencana memanggil perusahaan tambang emas dan tembaga yang kini beroperasi di Batu Hijau tersebut.

    Ketua Komisi II DPRD Sumbawa, Budi Suryata S.P dan Wakil Ketua, Fitra Rino, yang ditemui wartawan, Kamis (4/11)  mengatakan, ada informasi yang menjelaskan bahwa PT. NNT telah melakukan kegiatan eksplorasi di wilayah konsesinya. Namun, dilakukan tanpa adanya pemberitahuan ataupun koordinasi dengan Pemda Sumbawa.

    ‘’Kami sesalkan informasi ini datangnya bukan dari dari newmont ataupun Pemkab, malah dari KSB. Ini yang membuat segala sesuatunya menjadi tersendat,’’ ucap Budi.

    Manager Humas PT. NNT, H. Kasan Mulyono, yang dikonfimasi via handphone, membantah adanya kegiatan eksplorasi di Dodo Rintih. PT. NNT. Dia mengakui saat ini Newmont telah mengantongi izin eksplorasi sejak September lalu. Namun hingga saat ini, belum ada kegiatan terkait eksplorasi tersebut.

    Dirinya juga mengakui bahwa hal itu belum dilakukan koordinasi dengan Pemkab Sumbawa. Karena sejauh ini, PT. NNT masih melakukan berbagai persiapan.

    ‘’Sekarang masih kami persiapkan rencana apa saja yang akan dilakukan. Setelah rencana itu selesai disusun, dengan segera kita akan koordinasikan dengan Pemkab Sumbawa,’’ tuturnya. (el)
     

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY