Home Berita Gubernur NTB TGB, Ajak Umat Belajar Kisah Fir’aun.

Gubernur NTB TGB, Ajak Umat Belajar Kisah Fir’aun.

Sumbawanews.com

Mataram.Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi atau yang lebih dikenal Tuan Guru Bajang (TGB) saat menyampaikan Kajian Tafsir Al-Qur’an setelah sholat subuh, di Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center, NTB, Rabu (24/01/2018), mengajak seluruh umat Islam untuk senantiasa belajar dan mengambil hikmah dari kisah perjalanan hidup Fir’aun. TGB mengisahkan dalam kajian tersebut, Fir’aun selama menjadi penguasa pada masa itu, tidak pernah mau menerima dakwah dan seruan kebaikan yang disampaikan oleh Nabi Musa. Bahkan Fir’aun menganggap dirinya sebagai tuhan yang memiliki kekuasaan serta kekayaan yang melimpah.

Sebagai ilustrasi untuk menggambarkan bagaimana kisah Fir’aun dalam Al-Qur’an, Gubernur Ahli Tafsir tersebut membaca serta mengkaji Al-Qur’an Surat Az-Zukhruf Ayat 51-54. Dalam Ayat tersebut dikisahkan oleh Allah SWT tentang Fir’aun yang tidak menerima dakwah yang disampikan oleh Nabi Musa. Yakni mambandingkan kekuasaan dan kekayaan yang dimilikinya dengan Nabi Musa. Di hadapan kaumnya, Fir’aun menyampaikan bahwa yang mengontrol kekuasaan, yang menguasai ekonomi,  dan yang memiliki pasukan paling banyak dan kuat pada masa itu di Mesir itu adalah dirinya.  Dia membandingkan dirinya dengan Musa dari berbagai sisi kehidupan, seperti keluarga, kekayaan, komunikasi dan hubungan atau support pasukan. Dakwah yang disampaikan Musa ditentang dengan kekuasaan dan kekayaan yang dia miliki.

“Dari kisah Fir’aun yang dijelaskan dalam Surat Az-Zukhruf Ayat 51-54, kita dapat mengambil hikmah,” ungkap TGB. Hikmah pertama lanjutnya, bahwa ajaran-ajaran kebaikan, yang mengajak pada satu perbaikan sosial, atau satu ide besar untuk menggagas kehidupan yang lebih baik pasti memiliki tantangan. Bahkan semakin besar tantangan itu, maka gagasan yang kita sampaikan itu merupakan ide yang memiliki kadar kebaikan yang lebih besar. “Kalau dalam keseharian, kita ingin melakukan kebaikan, terus kita mendapat tantangan, halangan atau cercaan, maka jangan sampai itu menjadi halangan kita untuk melakukan kebaikan,” ajak TGB.

Kemudian, TGB menguraikan hikmah selanjutnya tentang perjalanan hidup Fir’aun yaitu, bahwa kekuasaan, kewenangan dan kekayaan yang dimiliki seseorang seringkali disalahgunakan.  Hikmah ketiga adalah tidak mengukur apa yang kita lakukan dengan hanya melihat materi. Yakni, segala sesuatu yang ada dalam diri manusia, termasuk apa yang dilakukan tidak semata-mata diukur dengan seberapa banyak harta yang dimiliki. “Jangan lihat siapa yang sampaikan, lihatlah substansi yang dia sampaikan. Ini mengajarkan kita untuk disiplin berfikir,” ungkap TGB.  Sebab menurut TGB, apa yang disampaikan oleh seseorang, tanpa melihat siapa dan darimana dia berasal, kalau itu mengandung nilai kebenaran dak kebaikan, maka itu merupakan sebuah nasehat bagi kita. Menurutnya, kalau Allah masih mau memberikan kebaikan kepada seseorang, maka akan datang padanya orang untuk mengingatkannya pada kebaikan

Hikmah terakhir yang disampaikan TGB saat itu, sebagai mahluk yang hidup secara kolektif, maka saling mengingatkan itu merupakan sebuah kebutuhan dan keharusan. Sebab, kalau dalam masyarakat tumbuh sifat atau karakter ketidakberdayaan kolektif, maka suatu bangsa akan tidak dapat menangkal bahaya-bahaya yang timbul di masyarakat. Karena, masyarakat tidak lagi peduli dan bahkan bersikap apatis terhadap kezdoliman yang ada. “Semangat koreksi dan nasehat tetap harus kita tumbuhkan pada diri masyarakat,” Pungkas Gubernur Hafizd Al-Qur’an tersebut.(aa/sumberhumasntb)

Previous articleWagub NTB . M. Amin, SH Resmikan Paguyuban Jawara
Next articleTGB, jadi “guide” Dadakan.
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.