Bapeda KSB: Anggaran Pengamanan HDG Tetap Dianggarkan

Bapeda KSB: Anggaran Pengamanan HDG Tetap Dianggarkan

SHARE

Taliwang, Sumbawanews.com.- Pegamanan Harga Dasar Gabah (HGB) merupakan kebijakan yang sagat penting bagi masyrakat KSB khusunya bagi petani pasalnya  musim panen padi setiap tahunnya harga yang menjadi permasalahan yang mendasar.
Ditemui SumbawaNews, Kamis (11/2/2016) Kepada Badan Perancanaan Daerah (BAPEDA) DR. Ir. Amri Rahman M.Si menyampaikan bahwa pengaman Haraga Dasar Gabah setiap tahunya tetap dianggarkan karena  merupakan kebutuhan mendasar khususnya petani disetiap musim panen padi.

Lanjut Amri walaupun ada permasalah yang masih belum selesai terkait pegamanan HDG tesebut, penganggrannya tidak boleh putus.

“Petanikan setiap tahun tanam padi dan setiap tahun bermasalah pasti akan ada permasalah dengan harga,  kalau mitra kerjasama yang ditunjuk awal bermasalah tinggal kita tunjuk mitra yang lain.” jelasnya.

Sementara itu Inspektur Inspektorat KSB menyampaikan bahwa tidak boleh ada pengaggaran sebelum permasalahan yang dianggarkan sebelumnya itu selesai, “baru pemerintah boleh merumuskan kembali untuk menganggarkan program yang sama dengan pos angaran yang sama,”jelasnya.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Kadis KOPRINDAG Lalu Azhar bahwa semenjak tahun 2013 sampai sekarang tahun 2016 ini belum ada kebijakan kembali mengenai penanganan Harga Dasar Gabah, sehingga pihaknya harus memikirkan dengan cara lain termasuk akan menggunakan Bulog untuk menampung semua gabah yang ada di KSB dan itu juga yang diinstuksikan oleh Penjabat Bupati. (Hendra)

SHARE
Admin Sumbawanews