Home Berita Agama Tata Cara Sholat Gerhana.

Tata Cara Sholat Gerhana.

SHARE

Sumbawanews.com-Sumbawa Besar. Bagi umat islam peristiwa Gerhana bulan maupun gerhana matahari di shunnahkan untuk melaksanakan sholat sunnah gerhana. Bagaimana tata cara sholat Gerhana ?

Adapun tatacara salat gerhana adalah sebagai berikut: a. Berniat di dalam hati;  b. Takbiratul ihram, yaitu bertakbir sebagaimana shalat biasa;  c. Membaca do’a iftitah dan berta’awudz, kemudian membaca surat Al Fatihah dilanjutkan membaca surat yang panjang (seperti surat Al Baqarah) sambil dijaharkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih). Hal tersebut sesuai dalam hadits yang diriwayatkan Siti Aisyah: “Nabi Saw. menjaharkan (mengeraskan) bacaannya ketika salat gerhana.”(HR. ukhari no. 1065 dan Muslim no. 901);  d. Ruku’ sambil memanjangkannya;  e. Bangkit dari ruku’ (i’tidal) sambil mengucapkan “Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana Wa Lakal Hamd”;  f. Setelah i’tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama; g. Ruku’ kembali (ruku’ kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku’ sebelumnya;  h. Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal);  i. Kemudian sujud yang panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali;  j. Bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya;  kemudian. Salam.
Setelah itu imam menyampaikan khutbah kepada para jemaah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdoa, beristighfar, bersedekah (aa)