Home Berita CPNS Jalur Khusus Honorer K2 Tunggu Putusan Revisi UUASN.

CPNS Jalur Khusus Honorer K2 Tunggu Putusan Revisi UUASN.

SHARE

Sumbawanews.com. Sumbawa Besar.-Permasalahan Honorer K2 merupakan polemik yang menahun tak juga dapat diselesaikan, sebenarnya masalah yang mendasar dari honorer k2 termasuk guru honorer k2 adalah jumlahnya yang banyak ingin diangkat semua, itu akan membebani pemerintah namun tak bisa dipungkiri bahwa jasa tenaga-tenaga honorer k2 ini dalam pengabdiannya cukup diperhitungkan karena semua honorer k2 adalah yang telah mengabdikan diri sebelum tahun 2005.

Sebelumnya di tahun lalu pengangkatan CPNS honorer k2 tidak bisa dilaksanakan dikarenakan pengangkatan secara langsung tanpa tes adalah pelanggaran UU ASN, oleh karenanya seberapapun tenaga honorer k2 termasuk guru-guru honorer k2 berupaya dan berulang kali melakukan demo namun peraturan tetaplah peraturan dan tidak bisa diganggu gugat kecuali memang ada perubahan atau revisi yang disahkan oleh DPR.

Kabar baiknya sejak akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017 proses pengajuan revisi UU ASN ini terus dilaksanakan dan hampir menemui keputusan resmi dan di awal tahun 2017 ini proses itu telah sampai dengan keputusan bahwa DPR menyetujui revisi UU ASN akan tetapi proses pengesahannya masih diupayakan, mari sama-sama kita doakan agar revisi UU ASN ini benar-benar disahkan dan tenaga honorer k2 semuanya bisa diangkat langsung tanpa tes, semoga saja, amin.

Bilamana proses revisi UU ASN tersebut memang telah disahkan tentu total tenaga honorer k2 yang lebih dari 400.000 orang akan diangkat semua, kemungkinan besar pengangakatannya secara bertahap, dan inilah yang kami maksud dengan pendaftaran CPNS Guru 2018-2019 jalur honorer k2. 

Pendaftaran CPNS Guru untuk TKS tahun 2018-2019

Honorer k2 sudah akan diangkat menjadi CPNS lalu bagaimana dengan tenaga kerja sukarela atau yang dikenal dengan TKS, apakah keberadaannya itu diperhitungkan oleh pemerintah atau tak dilirik sama sekali maka berikut ulasan kami mengenai pendaftaran CPNs Guru untuk TKS tahun 2018-2019.

Pertama bila memandang sejarah sebelumnya bahwa bisa saja TKS yang masa kerjanya sudah lama terutama yang hampir masuk tenaga honorer k2 dikelompokkan menjadi tenaga honorer k3 kemudian tenaga honorer k4 dan k5, untuk proses pengangkatannya mungkin sama dengan honorer k2. Kedua seandainya memang diberikan ruang khusus untuk ikut tes CPNS 2018-2019 maka TKS diberikan formasi khusus untuk bisa menjadi PNS dengan pesertanya adalah sesama TKS tidak bergabung dengan formasi umum.

Apapun itu yang jelas semakin banyak tenaga yang pensiun maka akan semakin banyak juga kebutuhan pegawai, untuk itu kalaupun tidak ada jalur khusus maka setiap orang berhak mengkikuti jalur umum meskipun pesertanya dan persaingannya sangat ketat, tak semua yang pintar bisa lulus dan tak semua yang pesimis tak lulus, yang pasti adalah setiap orang mempunyai kesempatan yang sama sedangkan bagi yang mengikuti pendaftaran CPNS sudah tentu tidak lulus. So apa salahnya mencoba toh ikut pendaftaran CPNS Guru 2018-2019 kan gratis alias tidak bayar. 

Jadwal Pendaftaran CPNS Guru 2018-2019

Kabar yang paling ditunggu setiap tahunnya adalah kapan jadwal pendaftaran CPNS itu dimulai. Maka perlu diketahui proses untuk bisa melaksanakan perekrutan CPNS itu cukup panjang sehingga pelaksanaan pendaftaran belum pernah terjadi di awal tahun melainkan di pertengahan hingga akhir lalu bagaimana dengan CPNS tahun 2018-2019? Yang bisa menjawab adalah panitia seleksi baik itu Panselnas maupun Menpan karena untuk saat ini belum ada jadwal pendaftaran CPNS Guru 2018-2019.(aa)