7 Tips Mengembangkan Usaha Clothing Line

7 Tips Mengembangkan Usaha Clothing Line

SHARE

Menjadi seorang pebisnis dan memulainya sejak masih muda, saat ini sudah menjadi trend di kalangan pebisnis muda. Mereka memulainya sejak masih muda, dan terkadang mengorbankan kewajiban mereka untuk fokus di dunia usaha. Kabar baiknya adalah, saat usaha yang mereka rintis ini lambat laun menjadi berhasil dan mendatangkan keuntungan yang lumayan untuk mereka. Tidak hanya itu, jaringan pertemanan mereka dengan sesame pebisnis juga menjadi lebih luas.

menjadi seorang pengusaha dan memanfaatkan Peluang Usaha Rumahan  untuk membuka usaha yang disukai anak muda lainya, bisa menjadi alternatif untuk mulai meluncurkan dan mengembangkan usaha tersebut. salah satu jenis usaha yang disukai kaum muda dan juga cukup banyak penggemarnya adalah bisnis Clothing Line. Bisnis ini menjual produk fashion baik pakaian pria atau wanita, yang desain dan modelnya sangat Limited Edition.

Bagaimana cara untuk memulai dan mengembangkan usaha Clothing Line, Dikutip dari Hipwee[dot]com berikut ini ada 7 Tips bagaimana untuk mengembangkan bisnis cloting line milik sendiri:

Lakukan Riset, Tentukan Target Pasar hingga cara pemasaran Clothing anda

Bisnis yang akan berhasil adalah bisnis yang direncanakan. Ada banyak bisnis yang awalnya memang  berhasil, namun saat menemui masalah karena tidak adanya perencanaan terlebih dulu, maka bisnis tersebut mengalami kemunduran dan akhirnya failed. Bisnis sebaiknya bukan lah hal yang bersifat coba-coba, jalankan bisnis anda ini dengan serius. Baca juga: 5 Ide Bisnis Rumahan Buat Ibu Rumah Tangga Yang hasilkan Uang Tambahan

Untuk bisnis Clothing line yang anda pilih, lakukan riset sebelumnya untuk merancang strategi bisnis anda. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencari tahu siapa target market anda. Kemudian, anda akan mulai menentukan seperti apa produk yang akan menarik dan unik yang akan disukai oleh target pasar anda. Lanjutkan dengan menyusun startegi promosi untuk produk anda. Lakukan promosi dengan menyasar konsumen yang sesuai dengan karakter clothing anda.

Membuat Desain Baju yang Unik dan disukai konsumen anda

Clothing line biasanya menjual produk fashion pria atau wanita yang sifat produksinya terbatas. Saat ini, ada banyak Clothing yang diminati, terutama oleh kaum muda. Salah satu rahasia banyaknya peminat Clothing tersebut adalah desain kaosnya yang Unik dan beda dari yang lain. Siapapun yang melihat desain kaos ini, rasanya ingin memilikinya. Inspirasi untuk desain bisa datang dari mana saja, termasuk dari keinginan konsumen itu sendiri.

Menggunakan Artis Untuk Promosi Endorse

Saat ini, di sosial media seperti Instagram salah satunya, tiap clothing bisa juga berpromosi dengan menggunakan jasa artis, yang memiliki followers instagram dalam jumlah besar. Banyaknya follower sang artis, membuka peluang untuk promosi di dunia maya yang cukup maksimal.  Usahakan, kaos dan desain kaosnya ini cocok dengan karakter sang artis. Agar saat mengendorse, sang artis terlihat sangat meyakinkan.

Sistem Pre Order untuk Modal usaha yang minimal

Modal sering kali menjadi kendala dalam bisnis yang sedang berjalan. Untuk pengusaha pemula, modal yang kecil tidak menjadi hambatan untuk memulai sebuah usaha. Usaha Clothing Line, merupakan jenis usaha yang memang memerlukan modal yang cukup besar, dan sebaiknya, pakaian tersebut ready stock . jika Modal anda terbatas, namun tetap ingin ready stock, lakukan system Pre Order . dengan system tersebut, anda tidak perlu menyediakan baju yang siap pakai,anda hanya perlu mencetak baju produksi anda sesuai dengan pesanan konsumen anda saja atau Made By order. Biasanya, konsumen akan membayar 50% dari total harga produk yang anda jual, kemudian setelah produk yang dipesan jadi 100%, konsumen harus membayar sisanya.

Jadikan Rumah sendiri sebagai “toko” sementara

Untuk display produk kita, tentunya kita perlu sebuah toko yang mudah ditemukan oleh konsumen kita. Namun, jika belum memungkinkan untuk memiliki sebuah toko, anda bisa menggunakan tempat yang ada untuk sementara waktu dijadikan tempat penyimpanan sementara produk yang anda Jual.

Konsinyasi dengan rekanan

Clothing line sudah memiliki merek sendiri. Sebagai merek baru yang baru akan memulai perkenalanya kepada konsumen, pebisnis clothing line juga bisa menitipkan produknya pada toko rekanan yang berhubungan dengan Clothing. Biasanya toko mereka sudah banyak dikenal, sehingga potensi pasarnya bagus. Pastikan toko rekanan tersebut betul-betul dapat dipercaya, dan secara berkala mengirimkan laporan hasil penjualanya kepada pemilik Clothing Line tersebut.

 

Tingkatkan popularitas Produk Anda

Produk Clothing Line milik anda, sebaiknya selalu eksis di beberapa metode pemasaranya, baik lewat dunia maya, maupun iklan secara langsung.  Lakukan pengambilan gambar produk dengan baik dan juga mampu menarik perhatian konsumen anda. Anda juga bisa sesekali memproduksi kaos untuk edisi khusus misalnya. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan moment tertentu yang cocok dengan karakter clothing anda. Misalnya dengan mengikuti event clothing yang digelar setiap tahun.

 

Usaha Clothing Line saat ini juga menjadi salah satu Bisnis Online yang populer dan mendatangkan profit yang maksimal, jika dikelola dengan baik tentunya. Selalu melakukan strategi promosi yang berkelanjutan, untuk suksesnya bisnis Clothing Line anda. Semoga bermanfaat.

SHARE
Admin Sumbawanews