Tjahyo Kumolo : Data E – KTP Dijamin Aman

Tjahyo Kumolo : Data E – KTP Dijamin Aman

SHARE

Jakarta, Sumbawanews.com. – Mendagri Tjahyo Kumolo menjamin data KTP Elektorik (E-KTP) aman. Pada prinsipnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyimpan data keseluruhan penduduk di Indonesia. Bahkan, bagi masyarakat Indonesia yang belum merekam data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP el).

Hal ini ditegaskan kembali oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat diwawancarai oleh salah satu stasiun tv di Kantor Kemendagri, seperti dikutip dari kemendagri.co.id, Senin (20/3).mendagri Jamin data

“Secara prinsip data penduduk secara statistik 254 juta penduduk ini ada di Kemendagri termasuk data yang sudah merekam KTP el, begitu juga dengan sidik jari saya jamin aman,” ungkap Tjahjo.

Kemendagri menurut Tjahjo saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat baik terkait dengan perekaman data KTP el. Sebanyak kira-kira 96 persen lebih masyarakat Indonesia yang sudah merekam data KTP el.

Disamping itu Mendagri juga menyebutkan sudah banyak lembaga-lembaga swasta maupun bursa efek yang bekerja sama dengan Kemendagri dalam memanfaatkan KTP el.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, saat ini sebanyak 206 instansi pemerintahan maupun swasta yang telah memanfaatkan data KTP el.

“Saat ini sudah ada 206 instansi pemerintah maupun swasta yang bekerja sama dengan dengan dirjen dukcapil untuk mengakses data itu, seperti perbankan, hampir semuanya, Polri untuk pembuatan SIM, BPJS, imigrasi, pajak, bea cukai, KPK, Bareksrim dan banyak lagi,” jelas Zudan.

Sementra itu, Mendagri hal ini tentu kecanggihan dari KTP elektronik itu sendiri tidak diragukan oleh lembaga-lembaga yang memanfaatkannya.

“Saya kira KTP el kalau tidak canggih tidak mungkin selama dua tahun saya Mendagri sekian banyak lembaga swasta termasuk bursa efek semuanya ada join (bergabung) data dengan kemendagri,” tutur Mendagri.(Erwin S)

 

SHARE