SMA Al Azhar Palu Juara I Nasional

SMA Al Azhar Palu Juara I Nasional

SHARE

JAKARTA, Sumbawanews.com. – Setelah berjuang babak demi babak dalam Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar MPR di tingkat nasional, akhirnya SMA Al Azhar Kota Palu, Sulawesi Tengah berhasil menjadi Juara I dalam Grandfinal Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar MPR di Gedung Gedung MPR/DPR/DPD RI pada Kamis (18/8/2016), SMA Al Azhar akhirnya berhasil meraih nilai tertinggi, 222. Sedang Juara II dalam lomba itu adalah SMAN 1 Longkali, Kalimantan Timur, dan Juara III adalah SMAN 3 Pontianak, Kalimantan Barat.

Kemenangan SMA Al Azhar diraih saat dalam babak terakhir, satu lawan satu, di mana dalam babak ini, SMA Al Azhar baru mempunyai nilai 212, mampu menjawab sebuah pertanyaan dengan sempurna sehingga dapat meraih nilai 10. Nilai 10 yang diperoleh mampu mendongkrak nilai menjadi 220. Nilai itu membuat SMA Al Azhar menyalip SMA Longkali yang sudah mempunyai nilai 220. Nilai ini bertahan hingga lomba selesai.

Guru SMA Al Azhar, Shofia Alanur sambil menangis menyatakan, “Allhamdulillah luar biasa”. Menurutnya kemenangan bukan hanya didasarkan kalah menang namun cara bertahan dalam keadaan apapun. “Anak didik kami bisa kuat mental dalam keadaan apapun. Persiapaan yang dilakukan selama mengikuti lomba cerdas cermat ini adalah dengan memaksimalkan pelatihan selama satu bulan. “Tidak mengikuti pelajaran apapun, tidak hanya materi lomba, namun juga persiapan lainnya. Karena itu, kemenangan itu akan dibagikan kepada siswa-siswa lain di Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Menurut salah satu juri lomba, Ahmad Basarah, lomba yang berlangsung sangat baik dan semakin baik. “Kita menambah satu babak yang mengasah nalar mereka agar generasi kebanggaan bangsa tidak menjadi generasi penghafal. Pada lomba periode lalu ujian-ujian yang dilakukan hanya bersifat hafalan,” tegas politisi PDIP.

Dengan mengembangkan aspek penalaran maka para peserta, kelak mereka saat menjadi pemimpin, pengambilan keputusan yang diambil tidak hanya pada aspek peraturan perundang-undangan tetapi juga penalaran terhadap perkembangan dinamika sosial dan kebutuhan masyarakat. “Ini metoda yang sangat baik,” anggota Komisi III DPR RI itu.

Ahmad Basarah menilai, pertanyaan yang dilontarkan dan jawaban disampaikan semua nyambung. “Saya kira itu representasi dari perkembangan pengetahuan yang berkembang di setiap sekolah di seluruh Indonesia. Untuk itu, mudah-mudahan cerdas cermat ini semakin merangsang anak-anak di SMA agar mereka betul-betul kembali ke nilai-nilai luhur bangsa,” pungkasnya.

Sekjen MPR Maruf Cahyono menegaskan, lomba yang berlangsung sangat luar biasa. “Mudah-mudahan dengan pemahaman dan pengetahuannya bisa menjadi kesadaran dalam bersikap, bertingkah laku, yang bisa bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.  “Melihat lomba itu para peserta memberikan argumentasi sesuai dengan kemampuannya. Tidak mudah ketika peserta mendapat soal kontra sementara pemikiran dia pro. Itu merupakan latihan untuk bagaimana berpikir. Dalam lomba diuji, sesuatu yang biasanya tidak disetujui secara rasional  dan dia harus menyampaikan pikiran-pikiran dengan jalan pikiran orang lain,” katanya.

Anggota MPR yang berasal dari Sulawesi Tengah, Sarifudin Suding, mengatakan, “Allhamdulillah ini suatu perjuangan yang disyukuri,” ujarnya. Menurutnya ini pertanda anak-anak daerah, khususnya SMA Al Azhar Kota Palu mampu mengaktualisasikan dan mengimplementasikan 4 Pilar. Bagi Suding, proses lomba sangat membanggakan. “Saya kira anak-anak Sulawesi Tengah mempunyai motivasi sangat tinggi,” paparnya. “Ini bukti bahwa mereka tidak kalah dengan SMA-SMA lain di Indonesia,’ pungkasnya.(Erwin s)

SHARE
Admin Sumbawanews