Paspor Habib Riziek Shihab Terancam Di Cabut

Paspor Habib Riziek Shihab Terancam Di Cabut

SHARE

Jakarta, Sumbawanews.com, – Pihak kepolisian masih berusaha untuk membuat Imam Besar Front Pembela Islam(FPI) Habib Riziek Shihab pulang ke tanah air. Karena kesaksian dari Rizieq Shihab dibutuhkan terkait kasus konten pornografi yang juga menyangkut nama Firza Husein.wpid-img_20141126_102318
Direktorat Jenderal Imigrasi menyebut pembekuan paspor merupakan cara yang bisa membuat Rizieq pulang ke Indonesia
Meski demikian, Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Maryoto Sumadi mengatakan belum menerima permintaan pembekuan paspor dari pihak kepolisian.
“Nantinya bisa saja, tapi saat ini belum. Ya ini kan koordinasi. Kita tidak berdiri sendiri memutuskan itu, walau pun perangkat hukumnya ada,” kata Maryoto di Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, Rabu (17/5).
Maryoto juga menjelaskan apabila paspor dibekukan, maka negara dimana Rizieq temapati akan mengambil tindakan karena Rizieq dianggap WNA ilegal.

 

“Karena di luar negeri itu, ketika putusan koordinasi ditetapkan paspor dicabut. Bukan ekstadisi, deportasi melalui mekanisme ke imigrasi. Jadi deportasi dari negara tersebut,” jelasnya.

 

Mengetahui hal tersebut, pengacara Rizie Shihab, Sugito Atmo Prawiro memohon agar paspor kliennya tidak dibekukan. Ia sudah bersiap untuk ke Komisi III DPR dan Kemenkumham agar permohonannya dikabulkan.
“Kalau misalnya berhasil alhamdulillah, kalau enggak, kami akan tetap berjuang sekuat tenaga untuk tidak dicabut. Karena ini adalah bentuk pemaksaan kehendak dan dasar hukum yang lemah,” kata Sugito, Kamis (18/5). (Erwin S)

 

 

 

 

SHARE