Komisi V DPR Rapat Dengan Menteri PURN, Kaorlantas, dan Menhub Bahas...

Komisi V DPR Rapat Dengan Menteri PURN, Kaorlantas, dan Menhub Bahas Persiapan Mudik Lebaran

SHARE

Jakarta, Sumbawanews.com. –  Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar rapat dengan mitra komisi mengenai persiapan mudik lebaran 2017. Mitra tersebut adalah Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri.Persiapan-Pengamanan-Arus-Mudik-Lebaran-02

Ketua Komisi V Fary Djemy Francis mengatakan pemanggilan mitra kerja agar dewan mengetahui persiapan untuk mudik lebaran 2017. Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR dan Polri adalah leading sektor pelaksanaan mudik lebaran 2017.

Ada empat catatan penting yang harus dibenahi mengenai persoalan klasik saat mudik lebaran. Diharapkan tidak terulang pada masa pelaksanaan mudik 2017. Empat persoalan tersebut diantaranya adalah keamanan dan kenyamanan .

“Kita akan rakor dengan semua komponen terkait dengan mudik lebaran. Leading sektor adalah Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; dan Korps Lalu Lintas Polri. Kami memberikan empat catatan yang harus ada perbaikan dari tahun ke tahun dan harus ada terobosan, seperti menyangkut safety, security dan kelaikan untuk transportasi udara, laut, kereta api dan darat,” kata Fary Djemy Francis, kepada wartawan, Kamis (20/4/2017).

Dewan juga akan mengevalusi penurunan jumlah penumpang untuk pengguna angkutan bus umum. Dewan mendorong agar Kemenhub membenahi infrastruktur pelabuhan, bandara, stasiun dan terminal penumpang. Sementara Kementerian PUPR membenahi ruas  jalan tol yang dilalui pemudik agar insiden tol Brexit (Brebes Timur) tidak terulang. Adapun untuk Korlantas agar mempersiapkan rekayasa lalu lintas sehingga pelaksanaan mudik berlangsung dengan baik. (Erwin S)

 

SHARE