Fadli Zon Ngiler Lihat Keris Langka yang dipamerkan di DPR

Fadli Zon Ngiler Lihat Keris Langka yang dipamerkan di DPR

SHARE
Pamrean Keris Di DPR RI

Jakarta, Sumbawanews.com. – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengadakan pameran keris yang berjumlah 100 dari berbagai daerah dengan keunikannya masing-masing.

Pamrean Keris Di DPR RI
Pamrean Keris Di DPR RI

Basuki Teguh Yuwono sebagai kurator keris pada pameran keris nasional di DPR RI itu menyatakan bahwa ada 105 keris yang ditampilkan dalam pameran itu.

Lebih lanjut, Basuki menunjukan mana keris yang menjadi primadona dan pernah meraih predikat juara 1 dalam trofi Sultan HB ke-10. Keris pusaka dengan angun-angun Luk-II. Selain itu juga gandik dihias pahatan naga dengan badan menjuntai mengikuti luk bilahnya.
“Dalam konteks keris sepuh, pada saat itu dinilai dari bagaimana membuat keserasian dari aspek aksesorisnya,”ujarnya.

Keris yang ditunjukan ternyata memiliki bentuk naga di kepala kerisnya. “Lihat itu ada bentuk naga nya. Ini kan kepala naga, badannya ular,”lanjut Basuki.

Sementara itu pada perhelatan keris nasional itu, terlihat ada beberapa anggota DPR yang melihat bahkan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang keris-keris unik yang mempunyai ciri khas sendiri-sendiri itu.

Salah satu anggota DPR RI yang berada di lokasi adalah Fadli Zon. Ia merupakan lulusan dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Selain itu, pihaknya juga menyukai keris sebagai budaya Indonesia yang wajib dilestarikan. (Erwin S)

 

 

SHARE