Bilateral Meeting Bakamla dan ABF di Australia

Bilateral Meeting Bakamla dan ABF di Australia

SHARE

IMG-20170421-WA0013

sumbawanews.com,- Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. melaksanakan pertemuan bilateral dengan Komisioner Australian Border Force (ABF) Roman Quaedvlieg di Kantor ABF, Canberra- Australia, Rabu (19/4/2017).

 

Pertemuan tersebut merupakan salah satu agenda kegiatan dalam kunjungan Kepala Bakamla beserta rombongan ke Australia pada 17 hingga 20 April 2017. Pertemuan bilateral kedua negara untuk membahas kerja sama antara Indonesia dan Australia terkait beberapa hal yang telah atau sedang dilaksanakan maupun prospek kerja sama di masa mendatang, yang meliputi patroli terkoordinasi,, kegiatan terkait peningkatan kapasitas, serta Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) yang dijadwalkan berlangsung di Manado 8-11 Mei mendatang.

 

Dalam pertemuan tersebut, Joint Exercise atau latihan bersama menjadi salah satu topik perluasan kerja sama yang diusulkan Bakamla RI, dengan fokus pada isu-isu terkini seperti penyelundupan manusia, IUU Fishing, keselamatan di laut terkait migran illegal, dan penyelundupan obat-obatan/illegal substance melalui laut Indonesia-Australia.

 

Perkembangan dinamika permasalahan di laut membutuhkan peningkatan kewaspadaan domain maritim negara yang dikelilingi oleh laut, sehingga topik Maritime Domain Awareness juga menjadi pembahasan bersama kedua negara dalam upaya peningkatan kewaspadaan bersama.

 

Hal lain yang dibicarakan yaitu tentang Implementasi Deklarasi Kerja Sama Maritim antara Pemerintah Indonesia dan Australia, Plan of Action-nya serta pelaksanaan Senior Official Meeting Bakamla-ABF.

 

Dalam kunjungan kerja selama dua hari tersebut Kepala Bakamla RI beserta rombongan juga berkesempatan untuk mengunjungi Puskodal Maritime Border Command (MBC) dan Akademi ABF di Neutral Bay.

 

Turut mendampingi Kepala Bakamla RI antara lain Direktur Latihan Laksma TNI Muspin Santoso,S.H.,M.Si (Han), Direktur Kerja Sama Sandi, S.H., M.H., kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Satya Pratama, S.Sos., M.Sc. dan Kepala Pusat Informasi Maritim Kolonel Laut (P) Berkat Widjanarko, S.E.

 

Sedangkan delegasi tuan rumah yang turut menyambut rombongan Bakamla RI antara lain Deputi Operasi ABF, Komandan MBC serta perwakilan dari Kemlu dan Perdagangan, Kemhan, Australia Fisheries Management Authority, dan Otoritas Keselamatan Maritim Australia. (Ahmad/Puspen TNI)

SHARE