Polling

Polling

SHARE

ANNUR Mendominasi, Nama-Nama Baru Bermunculan

Polling tahap kedua yang dilaksanakan Sumbawanews via SMS dari tanggal  28 Oktober – 28 November 2009 ternyata masih mengukuhkan pasangan Amin – Nurdin sebagai calon Bupati yang paling banyak dipilih oleh pembaca Sumbawanews sebanyak (31.8%). Dominasi pasangan Annur juga terlihat pada pilihan calon lepas yakni Amin (29.8%) sebagai Bupati dan Nurdin (44.7%) sebagai Wakil Bupati.
Posisi Annur baik sebagai pasangan maupun sebagai calon lepas lebih tinggi dibandingkan dengan polling sumbawanews tahap pertama yakni pasangan  Amin – Nurdin (27.3%), pasangan lepas Amin sebagai Bupati ( 22.6%) dan Nurdin sebagai wakil bupati (34.4%). Kenaikan ini kemungkinan disebabkan oleh Deklarasi Annur pada tanggal 10 November 2009 lalu.
Calon Bupati yang cukup merosot adalah Ir. Ibrahim yang tadinya berada diposisi kedua (19.3%) kini cukup puas pada posisi ke-5 setelah M. Amin, SH, Mustami H. Hamzah, Agus Patria dan Kahar Karim.  Posisi Mustami cukup unik, mengingat pada polling tahap pertama nama mustami justru banyak dijagokan sebagai calon wakil bupati. Untuk polling tahap kedua nama Mustami melejit menempati posisi kedua sebagai calon Bupati dengan perolehan (15.3%).
Nama Dr. Kahar Karim (12.3%) kembali muncul setelah menyatakan diri untuk maju sebagai Bupati Sumbawa menggunakan partai Hanura. Namun dalam polling pasangan Kahar Karim – Jack Morsa sama sekali belum mendapat pilihan dari pembaca.
Dua nama baru juga muncul sebagai calon Bupati yakni Abdullah Hamid dan Iklasuddin jamal, namun prosentase keduanya masih rendah dalam polling ini.
Posisi yang paling stabil untuk pasangan calon dipegang oleh pasangan Ikraman – Arif Hidayat (IKRAR) dengan dukungan 28.2%.  Pada polling sebelumnya pasangan ini juga menempati posisi kedua dengan presentase 25.1%.
Nama Jamaluddin Malik (JM) juga marak mendapat dukungan untuk dipasangkan dengan beberapa nama, setidaknya ada 3 nama yang diajukan pembaca sebagai pendamping Jm yakni JM – Suharto (5,9%), JM – Jabir (5,1%) dan Jm – Ida Rahayu (1,2%). Anehnya pasangan JM yang resmi yakni JM- H.Aan sama sekali tidak mendapat dukungan dari pembaca meskipun beberapa waktu lalu sudah dilakukan deklarasi.
Pasangan Mustami – Dharmawaty Madilaoe (16,1%) akan berencana melakukan deklarasi pada 9 Desember 2009 nanti juga mulai mendapat tempat dengan posisi ke-3.
Agus Patria yang juga berencana berpasangan dengan Syamsul Fikri mulai muncul sebagai pasangan yang juga diperhitungkan dengan prosentase sebanyak 11.4%
Dari beberapa polling sangat terlihat, calon bupati dan calon wakil bupati yang berani melakukan deklarasi ternyata mendapat dukungan dari masyarakat. Hanya saja agak berbeda dengan calon Incumben Jamaluddin Malik (JM) meskipun telah memastikan pasangan dan telah melakukan deklarasi namun dalam polling tahap kedua ini masih berada jauh dibandingkan calon-calon lainnya.**

Majalah Sumbawanews Edisi Ke-3 Desember 2009: Polling

Pilkada KSB: Calon Incumben Teratas, Muka Lama Mendapat Simpatik

Berbeda dengan Kabupaten Sumbawa, kondisi politik di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tidak sefluktuatif di Kabupaten Sumbawa.
Nama-nama yang masuk dalam polling kali ini masih sama seperti nama-nama yang pernah menjadi kandidat Bupati kSB lima tahun lalu. Meskipun mereka pemain lama, nominasi calon Incumben Dr. KH. Zulkiflimuhadli masih cukup tinggi.
Dalam polling calon perseorangan, Zulkifli Muhadli masih memimpin dengan prosentase sebanyak 30.3% posisi kedua ditempat oleh Andi Azisi sebesar 18.9%. Nama-nama baru yang muncul yakni Judhiar Abdul Kadir (9.8%), Manimbang ( 7.7%), Mustakim (6.3%) dan H. Safi’I (4.9%). Sedangkan nama lama yakni Busra Hasan ( 14.7%) dan Salim Ahmad (11.2%) menempati posisi ke-3 dan ke-4.
Untuk calon wakil Bupati, Calon Incumben yang saat ini masih menjabat wakil Bupati KSB Malarahman juga mendapat nominasi yang cukup tinggi yakni sebanyak 37.5%. dukungan ini selaras dengan hasil polling untuk pasangan Zulkifli – Malarahman yang mengambil porsi 40.9%.
Wakil Ketua DPRD KSB Mustakim Pattawari juga difavoritkan sebagai calon wakil Bupati KSB dengan perolehan 30.6%, namun saat dipasangkan dengan calon Bupati Incumben Zulkifli, Mustakim hanya memperoleh dukungan 12.1%.
Usulan nama Busra Hasan untuk menjadi calon Bupati yang dipasangkan dengan beberapa kandidat lain juga bermunculan. Usulan Busra berpasangan dengan Andi Azisi mendapat dukungan 24.2% dan Busra berpasangan dengan Judhiar Abdul Kadir mendapat dukungan 16.7%.
Calon Bupati Sumbawa lewat jalur Independen Ikraman, juga muncul untuk dipaketkan dengan Zulkiflimuhadli dengan dukungan sebanyak 6.1%.
Jika saja dalam Pilkada nanti, nama-nama yang muncul dalam polling ini dipastikan maju sebagai calon Bupati kSB, maka dimungkinkan pasangan Zulkiflimuhadli – Malarahman yang telah mendeklarasikan dirinya pada 27 November 2009 akan menang mutlak, alias Pilkada di KSB hanya satu putaran.(**)

Majalah Sumbawanews Edisi Ke-3 Desember 2009: Polling

SHARE
Admin Sumbawanews