Mengukur Kekuatan Koalisi Adha

Mengukur Kekuatan Koalisi Adha

SHARE

   Teka-teki tentang siapa pendamping calon incumbent Bupati Kabupaten Sumbawa Barat DR.KH. Zulkifli Muhadli akhirnya terjawab. Meskipun calon Bupati saat ini sedang menunaikan Ibadah haji, Kyia Zul tetap memantapkan dirinya untuk kembali memilih Drs. Mala Rahman sebagai pendamping dalam Pilkada 2010 nanti.
   Bertempat di Pondok pesantren Al Ihlas, koalisi Adha yang terdiri 8 partai politik, yakni Golkar yang sekaligus menjadi pemimpin koalisi, PDI Perjuangan, Hanura, PKPI, Patriot, PKPB dan PKB serta PBB yang tidak mempunyai kursi di DPRD KSB dideklarasikan bertepatan dengan hari raya iedul adha  pada Jum’at (27/11/09).
   “Ada campur tangan Allah dalam penentuan figure ini,” jelas Kyai Zul dalam konfrensi persnya seusai deklarasi.
   Deklarasi  yang dihadiri oleh kader dan pengurus partai pendukung pasangan  Kyai Zul-Mala Rahman dibacakan oleh Ketua DPD PKPI KSB Andi Laweng SH, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan Koalisi Adha untuk mengusung paket incumbent  yang telah memimpin KSB selama lima tahun terakhir.
   Jika melihat dari banyak partai politik yang membentuk koalisi Adha, maka kekuatan ke-8 partai politik tersebut mencapai 23.172 tau 29% dari total suara pemilih di wilayah KSB saat Pemilu Legislatif lalu. Belum lagi informasi telah terkumpulnya 30ribu KTP dukungan sebagai alternative Kyai Zul maju melalui jalur independen maka dukungan kepada pasangan ini semakin besar. Dalam perhitungan kasarnya, jika saja dari 30ribu KTP tersebut  terdapat 15ribu nama yang sama dengan nama pemilih dari 8 partai koalisi Adha, maka setidaknya terdapat tambahan dukungan sebanyak 15ribu. Total suara yang mungkin diraih oleh pasangan ini setidaknya minimal 23.72 + 15.000 berjumlah 38.172 atau setara dengan 48% jumlah suara dari total pemilih di KSB pada pemilu Legislatif lalu.
   Jumlah 38.172 tersebut belum termasuk dukungan Partai Politik yang tidak mempunyai suara di DPRD KSB seperti  yang   berafiliansi dengan kekuasaan selama ini.
Koalisi Adha inipun akan menjadi kekuatan baru di legislative KSB karena menguasai 13 kursi (lebih dari 50 persen) dari total sebanyak 25 kursi DPRD.
   Jika saja di KSB terdapat empat pasangan calon yang akan bertarung, dipastikan pasangan Kyai Zul – Malarahman akan menang mutlak. Begitu pula jika terdapat 3 pasangan calon, posisi pasangan inipun masih kuat.
   Beda halnya jika, pasangan lain diluar calon Incumben sepakat dan menyatu untuk memastikan hanya satu pasangan yang berhadapan dengan pasangan Kyai Zul – Malarahman, maka akan terjadi persaingan yang cukup ketat.
   Kekuataan lain yang setidaknya bisa mengimbangi kekuatan Kyai adalah calon Bupati Andi Azisi. Namun kekuatan Andi Azisi akan melemah jika terdapat pasangan lain yang juga akan maju dalam Pilkada Nanti.(***)

Majalah Sumbawanews Edisi Ke-3 Desember 2009: Utama

SHARE
Admin Sumbawanews