IKSB Semangatkan Penggunaan Basa Samawa

IKSB Semangatkan Penggunaan Basa Samawa

SHARE

Bandung,  Keberadaan bahasa daerah khususnya basa samawa (bahasa Sumbawa, red) dikuatirkan akan punah mengingat warganya sendiri sudah enggan menggunakan bahasa Ibu dalam pergaulan sehari-hari. Keprihatinan inilah yang membuat Ikatan Keluarga Sumbawa Bandung (IKSB) menggunakan bahasa Sumbawa dalam acara halal bihalal warga IKSB di Kediaman Bapak Hatta Yusuf, Jl. Tubagus Ismail Bandung, Minggu (25/10/2009) lalu.

Dalam acara tersebut memang dikemas, dari pembawa acara sampai penyampaian hikmah halal bihalal menggunakan bahasa Sumbawa. Atraksi lainnya yang cukup menarik adalah ditampilkannya tarian Sumbawa oleh tiga dara samawa yang saat ini masih kuliah di Bandung.

Ketua IKSB, H.Zainal Arifin, SH menjelaskan basa samawa sengaja dijadikan bahasa Ibu dalam acara ini sebagai bentuk apresiasi nyata untuk mengingatkan kembali bahwa bahasa samawa jangan sampai ditinggalkan oleh warganya.

IKSB bahkan menggunakan basa Samawa dalam undangan yang disebarluaskan, bahkan dalam undangan yang disebut parajak tersebut tertulis lawas samawa”

Ala we kau parana, No to diri ka tu sayang, na blung mara lalayang
benang layang ka tupingan, datang angin saja tingi, to gama ka luk tu anjung
ala we sempu barangan, do tokal nonda, tu buya, totang maras ka biasa
salam doa ku no putes, tanang ku sempet panotang, ada belas ke rua na

Selain warga Sumbawa yang berdomisi di Bandung, acara ini juga di ikuti oleh beberapa sesepuh Sumbawa yang berdomisili di Jakarta.(sn01)

Majalah Sumbawanews Edisi Ke-3 Desember 2009: Lintas

SHARE
Admin Sumbawanews