Akhirnya Politik KSB-pun Bergeliat

Akhirnya Politik KSB-pun Bergeliat

SHARE

  Kebekuan dinamika politik di Kabupaten Sumbawa Barat akhirnya (KSB) mulai mencair, setidaknya beberapa bakal calon Bupati KSB mulai berani menampakan identitasnya meskipun masih belum jelas menggunakan kendaraan politik mana saja.
Informasi yang beredar, empat mantan calon bupati priode 2005-2010 pada pemilihan kepala darah (Pilkada) lalu sepertinya bakal meramaikan kembali Pilkada kali ini.
  Informasi yang diperoleh Sumbawanews dari berbagai sumber menyebutkan, nama Andy Azis MSi, Ir Busrah Hasan dan Drs. Salim Ahmad bakal maju kembali untuk bersaing dengan DR. KH Zulkifli Muhadli SH MM.
  Para tokoh KSB ini, terlihat tengah melakukan lobi-lobi kebeberapa partai untuk mendapatkan kendaraan politik pada pilkada mendatang.
Sebut saja Andy Azis, dia tengah digadang-gadang akan menggunakan Partai Persatuan Daerah (PPD), Partai Demokrasi Pembaharuan dan Demokrat untuk maju sebagai  calon bupati. Ir. Busrah Hasan, saat ini tengah berupaya melakukan lobi kepada partai Persatuan pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional.  Sedangkan Drs. Salim Ahmad juga tengah berusaha mendekat ke PPP, PAN dan partai lainnya. Yang memiliki posisi aman untuk mendapatkan kendaraan hanyalah Kyai Zulkifli, dimana incamben ini telah melakukan deklarasi pada hari Jum’at (27/11/09) bertepatan dengan Hari Raya Iedul Adha, dengan dukungan empat partai politik yang tergabung dalam koalisi Adha diantaranya partai Golkar, PDIP, PKPI, Patriot, Hanura, PKB dan PKPB.
  Isu santer yang diperoleh wartawan di gedung dewan,  menyebutkan, ada sejumlah nama calon wakil bupati yang saat ini tengah dilirik oleh ketiga calon bupati diluar incamben. Nama tersebut masing-masing, Nasir ST anggota dewan dari PAN ini, kemungkinan besar akan menjadi pendamping Busrah Hasan. Politisi asal kecamatan Jereweh ini dilirik karena perolehan suara pada pemilu legislative lalu mendapat perolehan suara tersebar di Daerah pemilihan (Dapil) tiga, untuk kecamatan Jereweh, Maluk dan Sekongkang. Nama Mustakim Patawari SPt juga dijagokan menjadi calon orang nomor dua. Politisi dari PKS  ini, bakal menjadi rebutan dari keempat calon bupati tadi.
  Nama  Mancawari LM  juga sangat diperhitungkan. Politisi dari partai Golkar ini masuk dalam bursa kuat untuk menjadi calon wakil bupati dari keempat calon bupati.
  Menyusul nama Fud Syaifuddin ST. Tidak menutup kemungkinan, dia akan digandeng oleh Andy Azis untuk menjadi calon wakil bupati, seperti yang dilontarkan oleh Syahril Amin kepada pers. “Fud Syaifudin memiliki kans besar mendampingi Andy Azis,” ujarnya.
   Sebelum Andy Aziz berencana melakukan deklarasi pada awal Oktober 2009 lalu, namun karena belum menemukan pasangan yang tepat akhirnya deklarasi itupun batal dan belum dipastikan kapan akan melakukan deklarasi. (Hong, Acep, Arif )

Majalah Sumbawanews Edisi Ke-3 Desember 2009: Utama

SHARE
Admin Sumbawanews