Tim COE Monusco Inspeksi Peralatan Satgas Kizi TNI Konga XX-N

Tim COE Monusco Inspeksi Peralatan Satgas Kizi TNI Konga XX-N

SHARE

1

sumbawanews.com,- Tim COE (Contingent Owned Equipment) Monusco (Mission de L’Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en Republique Democratique du Congo) yang berjumlah 4 orang yang dipimpin oleh Mr. Luc St. Pierre mengunjungi Bumi Nusantara Camp di Dungu, Republik Demokratik Kongo, Senin (27/2/2017).

 

Kedatangan Tim COE dalam rangka melakukan inspeksi peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Konga XX-N/Monusco yang saat ini sedang melasanakan penugasan di Repulik Demokratik Kongo.

 

Inspeksi Tim COE diterima langsung oleh Dansatgas Mayor Czi Nur Alam Sucipto, S.Sos. didampingi Perwira Staf, setelah menerima pengalungan bunga dari Dansatgas tim inspeksi disambut dengan tari Yosphan tarian khas dari daerah Papua yang salah satunya bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia.

 

Rangkaian kegiatan inspeksi Tim COE Monusco diawali dengan menerima paparan Pasilog Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco tentang kondisi nyata peralatan dan perlengkapan yang ada, pemeriksaan yang rutin dilakukan setiap triwulan tersebut bertujuan untuk memeriksa kondisi dan kesiapan operasional seluruh peralatan serta perlengkapan yang digunakan selama melaksanakan misi di Kongo. Keseluruhan peralatan dan perlengkapan harus sesuai dengan standar yang telah disepakati dalam MoU antara Pemerintah Republik Indonesia dengan PBB. Selanjutnya hasil COE ini menjadi dasar pemberian reimbursment kepada Pemerintah Republik Indonesia.

 

Inspeksi yang dilakukan oleh Tim COE antara lain meliputi dua bagian, yaitu pemeriksaan Major Equipment dan Self-Sustainment. Major Equipment meliputi kendaraan dan alat-alat berat zeni, sedangkan Self-Sustainment meliputi semua perlengkapan yang mendukung kegiatan sehari-hari diantaranya sarana tempat tinggal, dapur, alat komunikasi dan perlengkapan perorangan prajurit. Inspeksi dilakukan di tiga tempat yaitu di Base Camp Bumi Nusantara, TOB (Temporary Operation Base) yang berada di Faradje dan TOB Makilimbo.

 

Pada akhir inspeksi tim COE menunjukkan rasa puas terhadap penyiapan dan persiapan serta hasil yang diperoleh Kontingen Indonesia dalam pelaksanaan inspeksi tersebut hal ini dapat dilihat dari lulusnya semua peralatan dan perlengkapan Satgas. Selain itu, Tim COE juga mengucapkan terima kasih terhadap pelayanan dan sambutan yang dilakukan oleh Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco. (Ahmad/Puspen TNI)

SHARE