Komisi VII DPR RI Tinjau Pelaksanaan proyek tambang pasir besi Di Kulon...

Komisi VII DPR RI Tinjau Pelaksanaan proyek tambang pasir besi Di Kulon Progo

SHARE

Yogyakarta, Sumbawanews.com. –  Rombongan anggota Komisi VII DPR meninjau pelaksanaan proyek tambang pasir besi yang dilaksanakan oleh PT Jogja Magasa Iron diwilayah Desa Karangwuni Wates Kulon Progo, Jumat (24/3/2017). Peninjauan ini terkait dengan penertiban ijin tambang yang bekerja sama dengan Ditjen Mineral dan batu bara.

Komisi VII Tinjau Proyek Pasir Besi Di Kulon Progo
Komisi VII Tinjau Proyek Pasir Besi Di Kulon Progo

Ketua Tim Panitia Kerja Minerba Komisi VII DPR RI, Saikhul Islam Ali mengatakan, dalam kunjungan yang dilakukan, ditemukan beberapa permasalahan seperti sertifikasi lahan serta pembangunan smelter yang belum terlaksana hingga kini.

“Permasalahan yang ada harus segera diselesaikan, pemerintah berencana akan melakukan penertiban ijin tambang di indonesia. Jika tidak segera difungsikan sesuai dengan kehendak pemerintah dan peraturan yang berlaku, maka penertiban akan dilaksanakan,” katanya.

Kunjungan rombongan anggota Komisi VII DPR RI tersebut mendapat sambutan baik dari jajaran direksi PT Jogja Magasa Iron. Direktur Utama PT Jogja Magasa Iron Hendra Surya mengatakan, pihaknya memiliki visi dan misi yang sama dengan pemerintah maupun DPR untuk segera mengoperasionalkan tambang pasir besi di Kulon Progo.

“Permasalahan yang ada, saat ini tengah diselesaikan, sehingga pengoperasionalan hanya tinggal menunggu waktu,” terangnya.

Hendra Surya menambahkan, masalah sertifikat lahan diperkirakan dapat selesai dalam waktu 1 sampai 2 bulan. Setelahnya dilakukan penyelesaian pembangunan smelter dengan perkiraan waktu hingga enam bulan.(Erwin S)

SHARE