Jokowi Kembali Bangun Bendungan Besar di Tapin Kalsel

Jokowi Kembali Bangun Bendungan Besar di Tapin Kalsel

SHARE

Jakarta, Sumbawanews.com. – Sesuai dengan mottonya “Kerja ,Kerja dan Kerja”, Presiden Joko Widodo menunjukkan bukti mengutamakan pembangunan infrastruktur di berbagai derah demi meningkatkan perekonomian masyarakat. Kali ini, Jokowi membangun 1 (satu) bendungan cukup besar di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Peta Bendungan Tapin
Peta Bendungan Tapin

 

Yaitu Bendungan di Pipitak Jaya, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Bendungan ini tengah dibangun dan diperkirakan proyek pembangunannya sudah mencapai 45 persen, jika bendungan ini selesai diperkirakan kapasitas tampungnya mencapai  56,77 juta meter kubik.

Jokowi di Dampingi Menteri PURN tinjau Lokasi Bendungan Tapin
Jokowi di Dampingi Menteri PURN tinjau Lokasi Bendungan Tapin
Bendungan Tapin Kalsel
Bendungan Tapin Kalsel

 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan fungsi dari Bendungan Tapin adalah sebagai penyedia air irigasi. Bendungan ini memiliki luas 5.400 hektare.

 

Selain sebagai penyedia air irigasi bendungan ini juga berfungsi sebagai penyuplai air untuk Bendung Lino yang berada di bawahnya. Karena selama ini Bendung Lino hanya mengandalkan air hujan.

 

“Jika Bendung Lino mendapatkan suplai dari Bendungan Tapin, maka dalam dua tahun bisa tiga kali tanam padi. Sementara kalau Bendung Lino tidak mendapat suplai, maka dalam setahun hanya sekali masa tanamnya. Saat ini progres konstruksinya telah mencapai 12,61 persen dan progres keuangan 24,73 persen,” kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/4).

 

Selain itu, Bendungan Tapin juga akan menjadi sumber air baku sebesar 500 liter per detik dan dapat menjadi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) berkapasitas 3,3 megawatt (MW). Bendungan Tapin merupakan salah satu bendungan baru yang dibangun di era Presiden Joko Widodo yang mulai dikerjakan pada Oktober 2015 serta ditargetkan rampung pada 2019.

 

Selain Bendungan Tapin, di Provinsi Kalsel juga akan dibangun bendungan yang lebih besar lagi yakni Bendungan Riam Kiwa dengan daya tampung 127 juta meter kubik. Manfaatnya bisa mengairi jaringan irigasi hingga 5.000 hektare lahan, air baku, dan juga menjadi PLTA berkapasitas 2,7 MW. (Erwin S)

 

SHARE