HUT Lapas ,Kalapas Mataram Adakan Khataman Al Quran Kepada Semua Napi Islam

HUT Lapas ,Kalapas Mataram Adakan Khataman Al Quran Kepada Semua Napi Islam

SHARE
Napi Khataman Al Quran dalam Rangka HUT Lapas ke 53

Mataram, Sumbawanews.com. – Ratusan narapidana Lembaga Pemasyarakatan Mataram, Kamis (20/4/2017) melaksanakan khataman Al-Qur’an dalam rangka memperingati Hari Pemasyarakatan ke-53 tahun 2017.berita_384423_800x600_P_20170420_102058

Para narapidana dan tahanan Lapas Mataram dengan berpakaian baju koko dan kopiah putih serta mengenakan sarung mereka melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an menggema di dalam Lapas. Suasana tampak meriah karena acara ini juga dihadiri para jamaah dari luar lapas.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Mataram, Gun Gun Gunawan mengatakan, kegiatan hari ini dilakukan serentak di seluruh warga binaan di Lapas maupun Rutan di seluruh  Indonesia yang mencapai 117 ribu narapidana dan tahanan mengaji Khataman Al-Qur’an.

“Khusus di Lapas Mataram mencapai 160 orang narapidana dan tahanan yang khatam Al-Qur’an,” ujar Gun Gun.

Kegiatan ini bertujuan untuk lebih menggiatkan lagi kegemaran mengaji  dikalangan warga binaan. Dengan semakin banyaknya mereka senang mengaji, mudah-mudahan akan membuat suatu pola perilaku yang positif bagi mereka.

“Sambutan dari warga binaan sendiri dengan kegiatan ini positif sekali,” kata Gun-Gun.

Kalau seandainya diperbolehkan semua untuk mengaji tentu tempat ini tidak cukup, maka pihak Lapas Mataram memilih mereka yang sudah betul-betul pintar mengaji.

Salah satu narapidana yang tersandung kasus pembunuhan, H Lalu Wiguna asal  Desa Bonder, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, sudah menghuni Lapas Mataram selama 7 tahun. Kurang lebih dua tahun lagi ia menjalani sisa masa tahanan di Lapas Mataram. Terhadap kegiatan ini, ia menilai sangat positif, karena kegiatan sejenis sebelumnya tidak pernah dilakukan di lapas ini.

“Kegiatan ini dapat mengangkat harkat dan martabat kami sebagai narapidana, kami akan terus mengaji,” katanya.

Seperti diketahui, jumlah penghuni Lapas Mataram saat ini mencapai 863 orang, terdiri dari tahanan pria 269 orang, tahanan wanita 25 orang. Sementara narapidana pria mencapai 540 orang, dan narapidana wanita 28 orang. (Erwin S/rri)

 

SHARE