Bakamla RI Perlu Personel Tangguh dan Profesional

Bakamla RI Perlu Personel Tangguh dan Profesional

SHARE

IMG-20170412-WA0006

sumbawanews.com,- “Untuk mengembangkan organisasi Bakamla RI yang mampu memenuhi tugas dan fungsinya dengan baik sesuai dengan yang diamanatkan dalam UU No. 32 Tahun 2014 dan Perpres No. 178 Tahun 2014, diperlukan personel pengawak yang tangguh dan profesional”.

 

Hal tersebut dikatakan Plt. Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Brigjen Pol Drs. Arifin, M.H., dalam sambutannya yang dibacakan Plt. Direktur Penelitian dan Pengembangan (Dir Litbang) Bakamla RI Brigjen Pol Drs. Frederik Kalalembang, di hadapan puluhan peserta pada acara pembukaan Konsinyering Penelitian Direktorat Penelitian dan Pengembangan, di All Season Hotel, Jl. K.H. Zainul Arifin 5-7 Petojo Utara, Jakarta Pusat, Rabu (12/4/2017).

 

Hal ini dapat dipenuhi, lanjutnya, salah satunya melalui kegiatan pelatihan dan pendidikan sesuai dengan bidang yang diperlukan (advance training).

 

Menurut Arifin, salah satu upaya dalam mewujudkan kegiatan pelatihan dan pendidikan yang efektif adalah melalui analisa kebutuhan pelatihan atau Training Needs Analysis (TNA).

 

TNA adalah suatu proses identifikasi mengenai pelatihan / peningkatan kompetensi yang dibutuhkan pada tangkat personel, satuan kerja, maupun organisasi dalam rangka meningkatkan efektifitas dan performa organisasi, lanjut Pati Polri berbintang satu itu.

 

Melalui TNA dapat dipastikan bahwa suatu organisasi tidak dapat bersifat stagnan dan siap dalam menghadapi konflik internal dan eksternal, baik yang terjadi saat ini maupun di masa mendatang, sambungnya lagi.

 

Maka dari itu, lanjutnya, dibutuhkan suatu penelitian untuk menentukan bentuk TNA yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan organisasi Bakamla RI. Untuk itu perlu dilakukan pengumpulan data oleh pakar dalam bidang manajemen pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia di universitas atau institusi yang relevan melalui kegiatan konsinyering pada hari ini.

 

Arifin berharap, semoga kegiatan ini dapat memberikan pengayaan dan informasi kepada Tim Pelaksana Penelitian agar dapat diperoleh suatu penelitian yang berbobot dan mampu bermanfaat bagi Bakamla RI.

 

“Ucapan terima kasih kepada penyelenggara dan seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini. Dengan harapan, semoga apa yang menjadi keinginan dan tujuan dilaksanakannya penelitan ini dapat terwujud”, ucapnya penuh harap.

 

Acara yang akan berlangsung selama dua hari itu dihadiri puluhan peserta dari perwakilan tiap Satuan Kerja (Satker) Bakamla RI, dengan mengangkat tema: Penerapan Training Need Analysis (TNA) Guna Meningkatkan Profesionalisme Personel dalam Rangka Optimalisasi Sumber Daya Manusia Bakamla RI.

 

Agar acara dapat terlaksana lebih sempurna, panitia sengaja menghadirkan pemapar papan atas yang cukup terkenal dengan julukan Pakar SDM, yakni Dr. Supadi, M.Pd. dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Ir. Benny Bunyamin, M.Asr., dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yang diwarnai dengan diskusi interaktif. (Ahmad/Puspen TNI)

SHARE